Pengamat: Indonesia Belum Siap Adopsi 5G

 
Jakarta – Technology seluler generasi ke-4 ataupun 4G sekarang telah banyak diadopsi operator telekomunikasi di seluruh dunia. Para operator di negara Indonesia telah menerapkan technology ini ini semenjak akhir 2014.

Tetapi, Indonesia dapat dibilang sedikit tertinggal dari negara-negara lain. Soalnya, mereka telah terlebih dahulu mengadopsi jaringan selangkah diatas 4G, yakni 5G. Tercatat, negara yang telah memanfaatkan jaringan ini yaitu Jepang, Korea Selatan sampai Inggris. Lalu, kapan giliran Indonesia?

Berdasarkan Nonot Harsono, pengamat telekomunikasi, Indonesia tetap belum dapat mengadopsi jaringan 5G mengingat pada jaringan 4G baru saja serempak di aplikasikan pada akhr 2014.

Ia memprediksi, adopsi 5G baru dapat diaplikasikan oleh sejumlah operator pada tahun 2020 mendatang. Itu pun juga baru adopsi, belum penerapannya secara utuh.

“Ada beberapa hal yang mesti kami perhatikan, contohnya yaitu pembangunan infrastruktur. Kebanyakan infrastruktur ng yseperti BTS (Base Transceiver Station) di negara Indonesia itu ukurannya kecil-kecil,” terangnya pada Diskusi Refleksi Akhir Tahun untuk Problematika Industri Telekomunikasi, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Selain itu, laki-laki yang pun juga adalah Chairman dari Mastel Intitute ini juga mengutarakan bahwa penyebaran pada jaringan yang di perkuat Fiber Optic (FO) pun juga menjadi prioritas yang mesti di lakukan supaya pemerintah bisa mengembangkan ekosistem jaringan 5G yang merata.